SEJARAH KERAJINAN MARMER TULUNGAGUNG ( 4)
KARYA-KARYA
BESAR YANG BERTAHAN DARI MASA-KE MASA.
Baliho Selamat Datang diSentra Kerajinan marmer Tulungagung |
Sebuah karya seni yang dihasilkan oleh para pengrajin
marmer Tulungagung, akan selalu masuk pada ujian ketahanan dipasar, apakah
market bisa menerima kehadirannya , atau hanya sekelebat saja menghiasi
showroom-showroom dan akhirnya tidak pernah di buat lagi.Memang dalam
menghasilkan karya kita harus uga mempertimbangkan banyak hal, termasuk pangsa
pasar yang akan kita bidik. Seperti yang saya tulis di Seri 3 lalu , banyak
sekali karya-karya seni yang berorientasi “ pure art” justru jarang diterima,
akan tetapi karya-karya benda pakai yang
murah meriah dan tidak begitu mempertimbangkan art design ,justru tetap bertahan
dari masa kemasa.Market oriented atau
Idealisme anda yang akan anda pertahankan…hanya waktu yang menjawab.
Kami catat sepuluh karya besar
dalam sejarah perkembangan kerajinan marmer yang masih bertahan sampai dengan
saat ini masih diproduksi secara turun temurun dan hanya memerlukan sedikit
inovasi dan modifikasi produk saja.
1. Karya
Yang tertua, adalah makam dan Batu Nisan
, dari decade awal sampai sekarang ,karya makam marmer atau lazim kami sebut
sebagai kijingan ini tetap bertahan dari derasnya dempuran pasar.Karya –karya
makam dan batu Nisan ini hanya sedikit sekali mengalami modifikasi produk,
antara lain adalah munculnya Nisan berpola mahkota, Nisan berpola ukir, dan baru sekitar tahun 2005 yang lalu
tercatat tambahan ornament kaligrafi doa dimakam marmer.Terlepas dari
adat-istiadat daerah,yang memperbolehkan dan tidak memperbolehkan membuat
kijingan / makam permanent di pemakanan
umum, karya Makam marmer atau kijingan marmer, termasuk didalamnya Nisan batu marmer masih tetap diminati banyak
kalangan.
2. Asbak
marmer, mungkin catatan karya terlaris keduanya adalah asbak batu marmer, bentuk yang kecil dan
harga yang murah, hanya dalam kisaran 35 _ 75 ribu saja kita sudah bisa membawa
pulang karya kecil ini unutk penghias meja tamu kita dirumah.Asbak marmer pada decade awal berupa bentuk asbak kotak, dan kotak berlengkung,
Akan tetapi pada akhir-akhir modifikasi yang dikembangkan hamper semua produk
asbak marmer Tulungagung ini berbentuk bulat,
dalam proses pembuatannya asbak ini mempergunakan tegnology bubut,sangat
sederhana dan cepat dalam proses pembuatannya.
3. Prasasti
Marmer, Karya kerajinan marmer tertua
selanjutnya adalah prasasti marmer, Dari decade awal kerajinan marmer ,karya
prasasti marmer Tulungagung tetap diminati pembeli,karena pada saat itu dalam
mengembangkan kijingan dan makam, selalu dilengkapi dengan teknis “ Letteran” atau penulisan huruf , sebagai
tanda nama dan tanggal lahir dan
wafat si “ Empunya makam”. Selain itu
karya prasasti marmer Tulungagung juga diaplikasikan sebagai penanda dari bangunan proyek atau
penanda peresmian gedung dan sebagainya.Perkembangan teknis pembuatan prasasti
ini sangat pesat dengan munculnya karya-karya Nameboard besar untuk gedung dan
Kampus-kampus, bahkan sebagai pengembangan teknis prasasti marmer ini telah di
buat karya –karya raksasa yang berukuran puluhan meter persegi.
4. Vas
bunga , Pot bunga dan varian produk vas bunga. Sebagai benda yang sering
dijadikan sebagai hiasan dimeja-meja kecil, di buffet – buffet rumah dan
mempercantik sudut-sudut ruangan, Vas bunga dan pot bunga tetap menjadi
favorit kerajinan terfavorit dan
bertahan beberapa decade.Muncul nya kerajinan vas bunga ini adalah pada perkembangan decade ke -2 ,setelah
diperkenalkannya teknis bubut batuan
saat itu. Modifikasi produk yang
terjadi pada produk ini antaralain : tentang ukurannya yang sudah berkembang
dalam ukuran yang besar, teknik penyambungan vas bunga ukura raksasa ,pemberian
motif ukir pada badan vas bunga dan seni letter
tambahan untuk loggo_loggo perusahaan pemberi souvenir.
5. Meja
–meja marmer, munculnya meja marmer diperkirakan adalah pada decade kedua ,
setelah digunakannya gergaji marmer sebagai mesin pembelah untukpengolahan
bongkahan batu menjadi plat batu.Yakni
tahun 1980_an ,diawal peluncuran produk meja marmer pada saat itu masih
berbentuk kotak_kotak ,seperti meja tamu kita dirumah.Akan tetapi pada
perkembangan decade ke tiga ,dengan munculnya persilangan kerajinan marmer dan
kerajinan cor logam dari Klaten dan Sukoharjo, bentuk-bentuk meja marmer dan
onix ini berkembang begitu pesat, kami mencatat lebih dari 78 nama-nama meja
dan kursi untuk varian modifikasi seni pembuatan meja ini. Varian yang terkenal
dalam bentuk meja ini antaralain: meja makan besar dan meja sayur, meja
kacangan, meja kacangan oval,meja kacangan love, meja monalisa, meja
Alexandra,meja rias berbagai macam
varian, meja tamu dan variannya, meja telephone,meja TV, meja sudut dan
lain-lain.Diakhir tahun 2009 berkembang permintaan pasar meja-meja batuan
seiseki utuh dan juga varian sejenisnya.
6. Selain
meja Marmer , tentunya nggak lengkap kalau saya tidak menulis Varian
kursi-kursi marmer dan batuan .Kursi-kursi marmer biasanya dipesan bersamaan
dengan meja marmer.Varian yang sering dibuat para pengrajin antaralain : kursi
putar ,kursi monalisa sebagai pelengkap meja monalisa, kursi anggur ,kursi
balok kotak berukir, dan lain-lain.Pada akhir tahun 2009 berkembang permintaan pasar kursi batu alam murni dan utuh yang sampai saat ini masih besar peminatnya dipasaran.Kelebihan dari kursi dan
meja batuan utuh ini adalah bentuknya yang alami, hanya diberi sedikit sandaran
dan tempat duduk saja,keutuhan dan motif alam yang melekat menjadi daya tarik
tersendiri untuk para kolektor seni.
7. Telur
marmer, banyak orang yang mengkaitkan produk ini dengan adanya permintaan besar
untuk telur marmer ini di hari PASKAH, salah satu hari raya ummat Nashrani,
yang katanya mereka memerlukan “ TELUR PASKAH “ sebagai tradisi yang melekat pada hari itu. Seperti
halnya tradisi “KETUPAT LEBARAN” kira kira ya…??? Mereka selalu menambah
ornament perayaan Paskah mereka dengan
menghadirkan telur-telur hias.Menurut sementara orang inilah yang membuat karya
seni telur marmer ini tetap bertahan dari tahun 1970_an hingga sekarang.Semoga nanti muncul juga
Ketupat marmer dan menjadi bomming ditahun mendatang, mengingatpotensiummat
Islam di Indonesia ini sangat besar, demikian juga negera-negara lainnya
didunia ini.
8. Patung
Kuda meringkik, kenapa saya specialiskan pada nama patung ini,karena memang
patung kuda meringkik ini sangat fenomenal di tahun 80_an sampai dengan
sekarang, tetap menjadi favorit bentuk patung yang dibuat para pengrajin
marmer.Setiap orang yang datang ke Kota marmer Tulungagung tidaklengkap kiranya
kalau pulang tidak membawa “ Patung Kuda meringkik “ ini. Pembuatan yang begitu
halus dan designya saderhana akan tetapi memiliki ekspresi seni yang
sangat-sangat hidup dalam setiap karya kuda meringkik.Pernah ada juga varian
lain dari patung kuda ini, antaralain patung kuda berjajar patung kuda merumput
dan patung kuda menyusui, akan tetapi sebagai catatan sejarah terbesar dan
terlaris dan fenomenal adalah patung
marmer yang berjudul “ Patung kuda meringkik”
9. Kap
lampu,benda pakai untuk menaruh lampu hiasan, Seni ini oleh pengrajin kami
disebut sebagai kap lampu, yakni bentuk marmer yang berlubang tengah sebagai
tempat menaruh bola lampu
didalamnya.Bahan dari kap lampu ini biasanya dari bahan Onix yang bisa tembus
sinar.Akan sangat special jika dibuat dengan teknik bubut tipis, sehingga
pendaran sinar dari bolalampu ini akan
semakin terang benderang.Varian-varian yang sering diproduksi antaralain : Kap lampu kerucut, kap lampu bulat, kap lampu tabung,kap lampu
trapesium dan lain-lainnya. Modifikasi
yang sering dilakukan antaralain, teknik pembuatan kap lampu raksasa dengan
menyambung beberapa bagian kap lampu menjadi tatanan yang besar.Pada tahun
2000_an dikenalkan motif-motif kaplampu
dari Tata taman Jepang, motif ini tidak menuntut bahan yang bisa transparan
atau tertembus sinar, akan tetapi memberi ornament lubang lubang dibahan batu yang tidak
bisa tembus sinar. Lampu taman ini untuk ornament outdoor sebagai salah satu
ornament wajib Tata taman ala Jepang.
10. Lantai
dan dinding marmer, sebagai salah satu kerajinan yang tertua,muncul dari awal
decade perkembangan kerajinan marmer Tulungagung, kami sengaja meletakkan nya
di bagian terakhir dari 10 karya
kerajinan marmer yang Fenomenal
sepanjang masa, kenapa demikian ? karena sebagai hasil kerajinan marmer,
lantai dan dinding marmer ini hanya memerlukan sedikit sentuhan seni, menurut
penulis tingkat klasifikasi “” kerajinan “ atau handcraftnya hanya tipis
sekali,Yang lainnya terkait dengan teknis_teknis pressisi siku teknik pembuatan
ketebalan bahan, pemilihan corak, keseragaman warana dan teknik pemasangan.Karena
teknik umum yang digunakan dalam kerajinan lantai dan dinding marmer adalah
langsung pada teknik finishing saja, misalnya dipoles, dibakar, diberi alur,
di kasih natural break,di thithik, dan sebagainya.Jadi mohon maaf meskipun ini
merupakan sejarah tertua kerajinan marmer Tulungagung, akan tetapi kami
meletakkannya dibagian paling bawah. Perkembangan varian lantai dan dinding
marmer yang terkenal dan cukup fenomenal adalah munculnya seni marmer bakar, seni marmer alur dan
pemberian finishing natural break
(pecahan alami) seperti yang diaplikasikan
pada kerajinan dinding marmer yang lazim kami beri nama Marmo Sejarah mencatat
munculnya varian ini adalah sekitar tahun 1990_an. Selain itu juga muncul varian yang super
kreatif yakni pembuatan kerajinan mozaik dan parquet marmer, Kerajinan ini
sangat banyak menyerap tenaga kerja didaerah kami, baik yang berada dikecamatan
Campurdarat dan sekitarnya.
UNTUK KETERANGAN LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI :
MEY RENI
No.HP : 081234975533 - 085784343885
Pin BBM : D19AEAB3
WELLA PRADISKA
No.HP : 082141677770 - 085649718777
Pin BBM : 5D975BE2
IRA MAYA
No.HP : 081333675088 - 085852626380
Pin BBM : 59F924B2
Tags : XTRA BLOG